Insentif Pajak pada Mobil Listrik Memihak Orang Kaya?

 

Mccca.net – Era mobil listrik sepertinya tak lama lagi akan merambah ke Indonesia. Hal ini di mulai dengan persetujuan yang diberikan oleh Presiden untuk program pengembangan mobil listrik. Bahkan, untuk aturan yang akan mengatur mengenai pengembangan mobil listrik sudah mulai disiapkan pemerintah.

Hal tersebut membuat Johannes Nangoi selaku ketua dari Gaikindo selaku asosiasi kendaraan bermotor yang berada di Indonesia turut memberikan tanggapannya terkait pengembangan mobil listrik di Indonesia.

Menurutnya, jika memang pengembangan mobil listrik disetujui, maka pemerintah akan memberikan insentif pajak.

“Kalau enggak ada kebijakan fiskal, maka pajak itu akan mahal. Tapi saya juga tahu, kalau diberikan insentif kebijakan fiskal mobil mewah listrik harganya jadi diturunin. Nanti orang bilang ‘waduh pemerintah memihak orang kaya (yang membeli mobil listrik) dikasih spesial, yang ini (mobil lain) enggak dikasih spesial’,” ungkap Johannes saat ditemui di hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (19/7).

Pria tersebut juga mengatakan, bahwa saat ini dari pihak produsen, mereka telah menyatakan kesiapannya untuk mengeluarkan mobil listrik. Namun ia masih ragu mengenai persiapan dalam hal infrastruktur dan aturan yang mengikat mengenai kendaraan tersebut.

“Tapi permasalahannya adalah pengisian-pengisian (baterai), aturan main, perpajakan, kebijakan fiskal terlebih dahulu bisa diberesin,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *