Mobil Hybrid Lebih Diprioritaskan Dibandingkan Mobil Listrik

Mccca.net – Mobil listrik akhir-akhir ini memang sedang gencar di bicarakan di Indonesia. Yang menjadi klimaksnya adalah ketika presiden kita memberikan lampu hijau mengenai pengembangan mobil listrik di Indonesia.

Bahkan pemerintah kini sedang merancang pengaturan yang akan dibuat dengan bentuk perpres sebagai langkah awal pengembangan mobil listrik. Namun sebenarnya tahukah anda bahwa sebelum pamor mobil listrik meningkat, mobil hybrid juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

Mobil Hybrid juga merupakan mobil ramah lingkungan, namun untuk mendapatkan kendaraan tersebut masih perlu merogoh kocek yang sangat mahal. Tingginyaa harga dari kendaraan tersebut adalah karena kendaraan ini dibekali dengan dua mesin yakni mesin yakni mesin bensin dan mesin listrik. Hal tersebut membuat pajak yang dibebankan dengan kendaraan tersebut menjadi dobel. Namun, kabarnya sebelum meengembangkan mobil listrik, pemerintah akan terlebih dahulu mengembangkan mobil Hybrid.

“Kalau kita lihat yg namanya hybrid akan lebih mahal karena memang mesinnya dua, ada mesin konvensional, ada mesin listriknya. Nah kalo kita murni listrik infrastruktur listriknya juga harus kita dorong, dan sekarang kendaraan yang murni listrik itu juga masih dalam pengembangan. Oleh karena itu, tahapan-tahapannya sedang dibuat dan orientasi Kemeperin prioritas pertamanya hybrid,” kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto setelah bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla, Jumat (21/7/2017).

Bagi Airlangga, kendaraan hybrid lebih mudah untuk dikembangkan dibandingkan dengan kendaraan listrik. Sedangkannuntuk kendaraan listrik, pemerintah akan terlebih dahulu memperhatikan mengenai teknologi baterai.

“Untuk pengembangan electric vehicle Kemenperin mendorong untuk pengembangan teknologi baterainya dulu, karena teknologi baterai selain bisa dipakai di otomotif bisa juga dipakai di panel surya, jadi banyak sekali pemanfaatan dari teknologi baterai,” jelas Airlangga.

“Kemudian tentu pengembangan kesiapan dari teknologi motornya itu sendiri, sehingga nanti kalau ini berkembang maka itu bisa masuk kepada pengembangan electric vehicle,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *