Honda Santai Hadapi Pesaing Hathcback dari Suzuki

Mccca.net – Suzuki Baleno Hatchback akan menjadi produk hathcback teranyar dari Suzuki. Kehadiran kendaraan roda empat ini dapat dipastikan akan menjadi rival dari Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Hingga saat ini, memang untuk model hatchback kedua kendaraan tersebut masih menguasai pasar. Untuk itu, kehadiran Suzuki disini adalah untuk mengganggu dominasi dari kedua produk tersebut. Melihat kondisi ini, pihak Honda memberikan tanggapannya.

“Selama ini saya rasa Honda punya konsumen agak berbeda ya, segmen kami walaupun sesama Jepang jelas berbeda. Kami sudah punya kelasnya, jadi ya untuk hal tertentu itu bukan real competition, kami dengan Toyota ada bukan real competitor, konsumen kami karakternya memang lain,” kata Jonfis di sela-sela acara media test drive all new Honda CR-V di Jawa Timur.

“Untuk bisa merebut hati konsumen tentunya memang kami harus upgrade supaya fitur-fitur bisa manarik antar satu dengan yang lainnya, tapi basic konsumen agak berbeda,” tambahnya.

Segmen tersebut di Indonesia dinilai oleh Jonfis sebagai segmen yang menantang. Terbukti, di Indonesia yaang mampu mengambil hati para konsumen hanya produk dari Honda dan Toyota.

“Itu sama dengan sedan. Banyak yang sudah masuk, tapi keluar lagi. Itu fakta history-nya seperti itu. Sudah banyak yang masuk sana-sini, kan seleksi alam. Konsumen memikirkan masalah branding, resell value, price segala macam kan sudah diciptakan. Marketnya ga gampang-gampang banget,” ujar Jonfis.

Di Indonesia, pasar hathcback di Indonesia hanya mencapai lima persen dari seluruh pasar otomotif. Untuk itu, untuk berkutat di pasar yang tak besar pastinya menjadi tantangan bagi produsen otomotif.

“Kalau marketnya kecil suatu saat itu enggak dapat volume, masuk bisa, tapi enggak dapat volume. Kompetisi kan saling geser menggeser pada akhirnya. Tapi kalau marketnya terlalu kecil tambah berat,” ucap Jonfis.

Namun, meskipun demikian kehadiran pesaing baru tidak akan membuat mereka goyah, mereka tetap pede dengan produknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *