Gaikindo Temui Wapres Untuk Bahas Standar Euro4

Mccca.net – Gaikindo baru saja menjalin pertemuan dengan Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden Indonesia dan beberapa menteri. Menteri yang termasuk dalam pertemuan tersebut antara lain Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian serta Siti Nurbaya selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pertemuan tersebut adalah untuk membahas penerapan standar emisi Euro4

“Kami membahas mengenai peraturan pemerintah mengenai penggunaan Euro4 untuk kendaraan mobil, dan kami sampaikan bahwa kami berterima kasih akhirnya pemerintah akan memasukin Euro4, dan sesuai dengan aturan yang dibuat akan mulai diimplementasikan di September 2018,” beber Ketua Umum Gaikindo, Johannes Nangoi usai bertemu dengan Wapres JK, Jumat (21/7/2017).

“Kami menyambut gembira hal ini, tapi kami juga menyampaikan sedikit bahwa masih ada kendala-kendala kecil yang ingin kami sampaikan pada beliau supaya industri tidak terganggu,” sambung Nangoi.

Memang, pihak pemerinta saat ini sedang memberikan woro-woro pada produsen mobil untuk sesegera mungkin membekali produk mereka dengan standar Euro4. bahkan, untuk mobil yang menggunakan mesin berbahan bakar bensin batas paling lambat ditetapkan pada tanggal 10 September tahun depan.

Standar Euro4 memang di Indonesia rencananya akan mulai di berlakukan tahun depan khusus untuk yang menggunakan mesin bensin. Sedangkan untuk yang bermesin diesel, kabarnyta akan di sematkan empat tahun lagi.

Untuk kendaraan yang menggunakan mesin bensin diharapkan akan dapat langsung di terapkan sebelum ASIAN Games 2018 berlangsung.

“Jadi jadwalnya Euro4 mudah-mudahan sebelum Asian Games Euro4 sudah diberlakukan, dan tadi kesiapan dari industri sudah menyatakan kesanggupannya sehingga tinggal nanti pelaksanannya bagaimana industri dan supliernya, tier 1, tier 2 untuk menyesuaikan,” kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam kesempatan yang sama.
Bukan hanya Euro4 saja, mobil listrik juga rupanya menjadi salah satu hal yang dibahas pada pertemuan tersebut. Pembahasan mobil listrik kembali bergaung setelah Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan mobil listrik.

“Kemudian yang kedua, kami membahas sedikit juga mengenai mobil listrik dan juga mobil rendah emisi seperti LCEV (Low Cost Emission Vehicle),” kata Nangoi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *