Honda Akan Beri Dukungan Jika Pemerintah Kembangkan Kendaraan Mesin Listrik

Mccca.net – Kendaraan yang mengusung energi Listrik saat ini sedang dipertimbangkan untuk mulai dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia. Untuk itu, pihak pemerintah kabarnya sedang melakukan penyusunan terkait aturan tentang kendaraan Listrik yang akan dibuat dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres).

Menurut Jonfis Fandy, selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Prospect Motor (HPM) keberadaan kendaraan yang menggunakan teknologi mesin listrik belm terlalu matang. Bahkan menurutnya, beberapa negara yang telah menerapkan kendaraan ini masih terus melakukan pengembangan.

“Teknologi kan berkembang. Mobil listrik itu belum terlalu matang teknologinya, apakah kita mau buru-buru apply, ya enggak perlu juga,” kata Jonfis di sela-sela acara media test drive all new Honda CR-V Turbo di Surabaya, Jawa Timur.

“Itu kan teknologi yang belum mature banget, di Indonesia apalagi. Di luar negeri saja masih berkembang terus. Nanti 5 tahun ke depan, makin matang, akan lebih baik. Jadi tidak terlalu signifikan sekali harus dilakukan buru-buru,” lanjutnya.

Tetapi, pihaknya berjanji akan terus mendukung jika memang kendaraan bermesin listrik akan mulai dikembangkan di Indonesia oleh pemerintah. Honda sendiri sepertinya sudah cukup siap untuk masalah ini karena menurut pria tersebut mereka telah memiliki teknologinya.

“Tapi kan apakah bisa diaplikasikan langsung, tidak segampang itu,” ujar Jonfis.

Saat ini yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan kendaraan listrik adalah pada bagian baterai dan pengisiannya. Untuk baterai, yang digunakan pada kendaraan listrik merupakan baterai yang berukuran tidak kecil. Jadi tentunya perlu strategi untuk bisa menempatkan benda tersebut dalam sebuah mobil. Kemuddian kendaraan listrik juga sebenarnya tak di sarankan untuk dilakukannya perjalanan jauh.

“Kalau mobil kecil kan susah dipasangi baterai. Dipasang di LMPV bakal mengorbankan bangku baris ketiga. Jadi memang ini masih harus diaplikasikan di mobil-mobil yang lebih besar, yang punya daya angkut lebih dari 5 orang. Kita tidak bisa mendapatkan mobil listrik 7 penumpang, kecuali sangat besar. Dan itu masuk ke mobil mewah,” ujar Jonfis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *