Aksi GAMPAR Tolak Pembatasan Sepeda Motor di Jalanan Protokol Ibukota

Mccca.net – Seperti yang telah diketahui bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa mereka akan memberlakukan pembatasan khusus kendaraan sepeda motor yang melintasi jalan-jalan protokol. Sayangnya peraturan ini ddinilai sangat merugikan untuk para pengendara sepeda motor. Bahkan mereka bertekad akan menggelar semacam unjuk rasa dengan tajuk aksi Gerakan Aliansi Menentang Pembatasan Sepeda Motor (GAMPAR) untuk menentang kebijakan tersebut.

Rio Octaviano, selaku Badan Kehormatan Road Safety Association (RSA), dimana ia juga menjabat sebagai inisiator aksi GAMPAR menyampaikan bahwa dengan penerapan kebijakan tersebut, pemerintah dinilainya hanya akan menyulitkan masyarakat yang dalam kesehariannya menggunakan sepeda motor.

“Sekarang pertanyaannya kalau ada kurir mau menyampaikan barang ke sana, tentunya kan dampaknya pasti ke faktor cost mereka yang keluar. Pertanyaannya Pemprov sudah sejauh mana menilai ke arah cost sana,” kata Rio, Senin (4/9/2017).

“Karena kami tahu ini alasannya ujung-ujungnya adalah mengurangi kemacetan. Kalau mengurai kemacetan, yang perlu dipertanyaakan adalah pembangunan infrastruktur atau transportasi publik. Entah kenapa instead mereka memperbaiki permasalahan di hulu, malah melempar masalah ke hilir, yang kena kita-kita pengendara motor,” lanjutnya.

Bagi pemerintah, pembatasan ini dinilai akan dapat menekan angka kecelakaan dan kemacetan di jalanan protokol Indonesia. Seperti yang kita ketahui, bahwa mayoritas kecelakaan lalulintas di indonesia khususnya di jalanan Ibukota disebabkan oleh kendaraan sepeda motor. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Bambang Prihartono, selaku Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

“Tapi data dari kepolisian, tingkat kecelakaan tertinggi di DKI Jakarta adalah di Jakarta Utara, bukan di Jakarta Pusat. Kalau alasannya mereka mau mengurangi angka kecelakaan, mereka menguranginya di Jakarta Utara, bukan Jakarta Pusat,” kata Rio membantah pernyataan Bambang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *