Perhatian, Tak Semua Kerusakan pada Mobil Akan Diganti Pihak Asuransi!

Mccca.net – Biasanya, pengendara mobil akan merasa lebih tenang apabila kendaraan yang mereka kendarai telah berbekalkan asuuransi. Apalagi, jika kendaraan tersebut dibeli dalam kondisi baru, kebanyakan mereka langsung membekalinya dengan asuransi.

Namun, yang harus anda ketahui, bahwa tidak semua kendaraan yang mengalami kerusakan meskipun telah dibekali dengan asuransi akan di ganti oleh pihak asuransi tersebut. Hal ini dikarenakan, bahwa sebelum mereka akan menyetujui untuk mengganti kerusakan pada kendaraan anda, mereka akan terlebih dahulu menyelidiki penyebab dari kerusakan tersebut.

“Seperti diketahui bersama, asuransi itu ada dua macam, komprehensif atau TLO (Total Lost Only). Tapi ini tergantung lagi penyebabnya kerusakannya apa (baru akan di-cover asuransi atau tidak-Red). Kalau TLO itu mendapat penggantian yang mengalami kerusakan 75 persen. Tapi kalau kerusakan atau terbakarnya kendaraan karena powerbank, ya tidak akan kita ganti. karena tergantung penyebab kerusakannya,” ujar Marketing & Communication & PR Manager Asuransi Astra (Garda Oto) Laurentius Iwan Pranoto saat dihubungi detikOto.

Terus, apakah kerusakan akibat korsleting atau kerusakan dari pabrik dapat ddiganti oleh pihak asuransi?

“Kalau korsleting, itu dilihat lagi. Kita akan meng-cover-nya (menggantinya-Red) tapi pabrikan juga bisa saja bertanggung jawab. Tapi kita akan investigasi terlebih dahulu ke pabrikan,” katanya.

Lalu, berapa lama waktu yang pihak asuransi butuhkan dalam proses penyelidikan mengenai penyebab dari kerusakan kendaraan tersebut?

“Jadi tetap akan kita investigasi, tapi kalau permasalahannya karena kesalahan pabrikan, itu tergantung dari APM (Agen Pemegang Merek)-nya. Kalau APM-nya cepat kita bisa juga cepat prosesnya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *