Ini Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memutuskan Untuk Memodifikasi Kendaraan

Mccca.net – Tren modifikasi kendaraan memang sudah cukup lama berkembang dengan baik di Indonesia. Sampai sekarang, banyak para pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi kendaraaannya hanya untuk terlihat lebih kece. Namun sebenarnya sebelum melakukan modifikasi, hal yang perlu diperhatikan dan dipahami apa sebenarnya tujuan utama anda ingin melakukan modifikasi? Hal ini sangat penting supaya anda tidak menyesal kemudian.

Hal ini seperti yang diutarakan oleh penyelenggara Jakarta Custom Culture dan pemilik bengkel Holiday Custom, Yudianto Mulyono, yang mana menurutnya perlu adanya konsep yang sangat matang sebelum seseorang akhirnya melakukan proses modifikasi terhadap sebuah kendaraan.

“Bila ingin custom, tujuan awalnya harus jelas dulu mau digunakan sehari-hari atau untuk kontes. Pemilihan bengkelnya juga harus jelas karena ada tuh yang kapok custom karena mobilnya tidak bisa dipakai,” kata Yudianto Mulyono kepada wartawan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Pria tersebut juga menyampaikan bahwa ada dua jenis proses modifikasi yang dilakukan pada sebuah mobil. Dua jenis itu adalah mengenai penggunaan, yakni apakanh mobil tersebut setelah dimodif hanya akan ikut kontes, atau akan digunakan untuk berkendara sehari-hari.

“Kalau misalnya untuk kontes berarti risikonya enggak enak dikendarain dan enggak bisa jalan tiap hari, cuma eye cataching aja. Jadi lupakan fungsional. Tapi kalau untuk kendaraan fungsional (digunakan sehari-hari), modifikasi tidak boleh ekstrem seperti ban tidak usah dipasang yang terlalu besar agar tetap nyaman,” kata Yudianto.

“Terus kalau mau yang untuk koleksi, harus seasli mungkin, seperti enggak boleh pasang AC atau disc brake. Jadi sesuai dengan tujuan awal modifikasinya untuk apa,” tambahnya.

Pria tersebut juga menganjurkan supaya lebih aman, lebih baik sebelum proses modifikasi dilakukan anda melakukan konsultasi dan meminta informasi sebanyak-banyaknya kepada builder atau bengkel khusus modifikasi.

“Kemarin ada yang kapok modifikasi karena salah milih bengkel dan tidak ditanya dulu buat apa. Hasilnya, setelah dibangun mobilnya tidak bisa dipakai. Jadi harus konsultasi dulu sehingga nggak salah pilih,” tutup Yudianto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *