Kecelakaan Jatuhnya Mobil Dari Hidrolik Saat Dicuci, Apakah Asuransinya Dapat Diklaim?

Mccca.net – Saat ini, banyak jasa penjucian mobil yang menggunakan teknologi hidrolik yang mampu mengangkat mobil sehingga bagian bawah mobil juga tidak luput dari proses pencucian. Sayangnya, pada beberapa kejadian teknologi tersebut justru kurang aman dan membuat kendaraan yang berada di atasnya sampai terjatuh.

Terkait dengan kecelakaan jatuhnya mobil dari hidrolik ketika sedang di cuci, muncul pertanyaan mengenai apakah kerusakan pada mobil karena hal tersebut dapat ditanggung asuransi? Bangun Pambudi, selaku Manager Survei dan Garda Siaga Asuransi Astra (Garda Oto) menyampaikan tanggapannya.

“Carwash ini pihak ketiga. Tapi pihak ketiga menyebabkan kerusakan mobil kita. Itu dijamin,” kata Bangun

Intinya, jika terjadi hal tersebut maka pemilik kendaraan tersebut dapat melakukan klaim ke pihak asuransi. Proses klaim ini sebenarnya hanyalah pelimpahan hak tuntut yang mana jika dilakukan klaim, maka pihak asuransi yang akan mengambil alih tuntutan. Jadi pihak asuransi-lah yang akan menuntut pihak pencucian mobil untuk bisa bertanggung jawab terkait kerusakan pada kendaraan tersebut.

“Jadi hak tuntutnya korban, pindah ke pihak asuransi, asuransi yang akan tuntut carwash,” ucapnya.

“Ini banyak kasus seperti ini. Yang banyak itu di bengkel. Lagi di bengkel mobil ketiban apa gitu, itu kesalahan bengkel ke kita. Nggak apa-apa klaim ke kita (asuransi) aja, tapi bengkel kita tagih,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *