Isi Bensin Di siang Hari Buat Takarannya Berkurang Karena Penguapan, Benarkah?

Mccca.net – Banyak pihak yang menilai, jika seseorang melakukan pengisian bensin di siang hari, maka takarannya akan berkurang karena adanya penguapan yang diakibatkan oleh teriknya sinar matahari. Karena hal ini, akhirnya membuaat banyak orang memilih untuk membeli bensin di malam hari.

Namun kenyataannya, menurut salah satu kepala SPBU Pertamina, yakni Arif Budiman menyampaikan bahwa memang akan terjadi penyusutan saat melakukan pengisian bensin di siang hari, namun kadar bensin yang menyusut tidaklah terlalu mencolok.

“Sangat memungkinkan (bensin menguap pada siang hari-Red). Karena bensin kan sifatnya cairan, bila dispenser suhunya berubah bensin dapat memuai. Tapi tidak signifikan kok pengurangannya,” kata Arif kepada detikOto di SPBU Pertamina Rasuna Said.

Menurut pria tersebut, saat ini untuk SPBU pertamina telah memiliki prosedur untuk meminimalisir hal ini. Salah satunya ialah dispenser yang dibekali dengan teknologi yang dapat membuat bensin jadi mengendap dengan baik. Dengan ini, meskipun terjadi selisih, tentunya hal tersebut tidak terjadi dalaam jumlah yang besar.

“Treatment dari Pertamina bagus ya sehingga paling kalau ada penguapan hanya mengurangi beberapa mili saja. Semisal isi 20 liter, paling kalau di siang hari jadinya 19,8 liter. Nggak sampe terkuras besar,” ungkap Arif.

Namun, meski demikian, pria tersebut tak memunngkiri jika terkadang masih tetap ada orang yang menilai bahwa jumlah liter yang mereka inginkan tidak sesuai dengan yang mereka harapkan.

“Masih ada beberapa yang protes sih karena pengisian dinilai tidak sesuai. Tapi setelah kita buktikan dengan langsung sama-sama ngecek, baru deh dia tahu kalau kami tidak melalukan kecurangan, hanya saja memang ada penguapan. Lagipula pengurangan akibat hal tersebut tidak signifikan juga,” tutur Arif.

“Jadi, agar lebih maksimal dalam pengisian bensin lebih baik dilakukan pagi atau malam hari, ketika panas tidak terlalu menyengat. Sehingga tidak ada penguapan atau pemuaian dan literan bensin akan sesuai dengan massa atau yang diinginkan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *