Tutup Tangki Mobil Posisinya Beda-beda, Ini Alasannya

Mccca.net – Sebagai informasi, bahwa pada dasarnya setiap pabrikan mobil memiliki berbagai bagian komponen yang peletakannya tidak di tempat yang sama. Salah satunya adalah pada bagian tutup tangki. Pada setiap mobil, terkadang posisi tutup tangki antara merek satu dan lainnya ada yang berbeda. Ada yang di kanan, ada juga yang di kiri. Bahkan, ada juga dulu mobil yang tutup tangkinya di bagian belakang.

Namun, posisi tutup tangki di bagian belakang, maupun depan diklaim tidak aman, karena saat terjadi benturan kecelakaan, maka bagian tersebut rawan rusak yang akhirnya bocor dan menyebabkan kebakaran.

Dengan alasan inilah akhirnya posisi tutup tangki kendaraan roda empat dipindahkan ke bagian kiri atau kanan belakang. Disampaikan oleh Iwan Abdurahman, selaku Technical Service Division PT Toyota Astra Motor bahwa posisi yang berbeda tiap pabrikan tersebut memiliki tujuan masing-masing.

“Intinya, cari agar titik berat mobil secara keseluruhan. Misalnya, gardan Avanza itu agak miring ke kiri, sopir di kanan, maka tangki di kanan agar beratnya seimbang,” ujarnya.

Posisi tersebut juga disesuaikan dengan bentuk kompi=onen tyang berada di bagian dalam kendaraan. Tujuannya, ialah supaya kendaraan tetap stabil.

“Misalnya, jumlah pelat di dalam bodi dan komponen kelistrikan. Kalau posisi lubang, rasanya sih belum pernah dengar ada aturan khususnya,” tutur Iwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *