Simak Penyebab Dari Kebocoran Tangki Pada Motor

Simak Penyebab Dari Kebocoran Tangki Pada Motor

Mccca.net – Perangkat pada kendaraan jenis motor yang sering mengalami kebocoran adalah ban, namun lebih dari itu perangkat lain yang bisa juga bocor adalah tangki motor.

Berbeda dengan kebocoran pada ban, kebocoran pada tangki motor bisa menjadi hal yang sangat dikhawatirkan dan menakutkan terlebih untuk para pengguna motor jenis sport.

Guna menghindari masalah kebocoran tangki motor kita perlu tahu apa yang menjadi penyebab dari masalah ini, dan dibeberkan oleh seorang modifikator dan pemilik bengkel variasi bernama Irfan kebocoran pada tangki motor bisa dipicu oleh pemakaian mode keran bahan bakar.

Terkait dengan pemakaian mode keran dan bahan bakar terdapat 3 titik penting yaitu On, Res dan Off. Pada saat On katup pada keran akan terbuka dan mengakibatkan bahan bakar dominan kebawah.

“Kalaupun bahan bakar rata dengan tinggi filter, bahan bakar tak bisa turun atau mengalir ke karburator,” jelasnya.

Dan jika keadaan pemakaian bahan bakar dalam keadaan Res, maka katup pada keran akan terbuka sampai screen filter dan mengakibatkan bahan mengalir kedasar bagian tepi bawah.

“Hal ini disebabkan karat dari dalam tangki yang terjadi saat keran pada posisi atau mode On, peluang korosi memang biasa terjadi. Sebab, di saat sebagian bahan bakar tak keseluruhan keluar, biasanya ada kandungan air yang terjebak dalam tangki, dan hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya korosi atau pengaratan,” tutur Irfan.

Lebih lanjut, Irfan juga menyarankan untuk penempatan yang baik dari keran adalah saat posisi Res, boleh di On tetapi hanya sesekali dan dalam keadaan yang darurat yaitu ketika bayhan bakar habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *