TVS Pamerkan Motor Konsep Futuristik Pada Ajang Auto Expo 2018 India

TVS Pamerkan Motor Konsep Futuristik Pada Ajang Auto Expo 2018 India

TVS Pamerkan Motor Konsep Futuristik Pada Ajang Auto Expo 2018 India

Mccca.net – Pada ajang Auto Expo 2018 India, TVS pamerkan motor-motor konsep futuristik, seperti skuter listrik pintar Creon dan TVS Zeppelin Hybrid konsep dengan 2 mesin penggerak.

TVS bekerjasama dengan BMW Mottorad kembali memamerkan produk konsep buatannya yang sangat innovatif berlabel TVS Zeppelin Hybrid. Sebuah konsep motor naked istimewa dengan 2 penggerak, berbahan bakar (endothermic) minyak bumi dan listrik.

Di ajang Auto Expo 2018 India, TVS yang pamerkan Zeppelin Hybrid menjadi kendaraan konsep pertama di India yang menggunakan sistem hybrid untuk model naked bike.

2 tahun lalu di Eropa, naked hybrid pernah ditampilkan oleh Honda, meski hanya sebagai aplikasi paten, meski kebanyakan produsen roda dua masih menerapkan pada motor skuter matik.

Mesin TVS Zeppelin Hybrid mengandalkan mesin berbahan bakar bensin itu berkapasitas 220 cc silinder tunggal, dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 20 dk pada 8.500 rpm dengan torsi 18,5 Nm di 7.000 rpm. Dengan penggerak akhir mengandalkan sabuk ke roda belakang.

TVS Zeppelin Hybrid juga gunakan penggerak tambahan, E-Boost dengan motor listrik 48V DC 1,2 kW atau setara dengan 1,6 dk. Guna dari motor listrik itu selain pendukung gaya dorong pada flywheel, fungsi lainnya sebagai motor starter dan juga generator penghasil listrik.

E-Boost berfungsi untuk menggerak mesin saat Zeppelin Hybrid itu butuh tambahan torsi, seperti dalam kecepatan tinggi atau jalanan menanjak. Dalam kondisi menyala normal, fungsinya berubah menjadi generator listrik untuk pengapian dan kelistrikan yang akan berfungsi sebagai motor starter saat Zeppelin hidup.

Demikian pula saat melambat, sistem akan berubah menjadi generator regenaratif pengisi listrik baterai Lithium-ion 48V DC, dengan pengisian lebih cepat 20%. Sistem hybrid pada Zeppelin adalah mild hybrid. Sistem serupa dengan SHVS yang diterapkan oleh Maruti Suzuki, yang diterapkan pada produk roda empatnya.

Sebagai aliansi BMW Motorrad, TVS akan tanamkan komponen Apache RR310 atau model fairing BMW Motorrad G310R pada TVS Zeppelin Hybrid. Seperti pada garpu depan, sistem rem depan dan transmisi. Meski baru berbentuk konsep, TVS baru akan memproduksinya secara massal pada akhir 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *