Berikut Cara Membersihkan Dinding Ban Yang Benar

Berikut Cara Membersihkan Dinding Ban Yang Benar

Berikut Cara Membersihkan Dinding Ban Yang Benar

Mccca.net – Musim hujan menjadi salah satu masalah yang sangat merepotkan bagi para pengguna kendaraan beroda dua ataupun beroda empat. Namun, yang paling terasa adalah pada mobil karena pada mobil akan sangat jelas kotoran akibat jalanan becek karena hujan.

Selain pada bodi mobil, perangkat lain yang sangat mudah kotor dan mangganggu penampilan dari mobil adalah ban. Ban merupakan perangkat yang bersentuhan langsung dengan jalanan jadi jika jalanan becek maka dinding ban akan terlihat kotor.

Mengatasi masalah tersebut, seorang Operator Detailing dari Lumens bernama Wahyu Setiawan memberikan cara bagaimana untuk membersihkan ban yang kotor. “Cara membersihkan ban pertama dengan sikat agak kasar dengan bantuan sabun atau shampoo mobil saja,” kata Wahyu Setiawan.

Selain itu, Wahyu Setiawan juga menyarankan untuk memperhatikan benda-benda kecil yang menempel pada kembangan ban seperti batu, serpihan besi, atau benda-benda lainnya.

Menurut Wahyu benda-banda kecil tersebut dapat membuat ban cepat rusak, misalnya krikil, jika krikil tidak dibuang dan dibiarkan menempel terus maka krikil tersebut akan menusuk-nusuk ban dan ban lama-kelamaan akan rusak.

Tidak hanya merusak ban, benda-banda kecil tersebut bahkan bisa membuat tapak ban serta pelat bajanya sobek dan akibatnya ban akan sering mangalami kebocoran.

Lanjut ke topik pembicaraan, setelah rampung membersihkan ban dan mengambil benda-banda kecil yang menempel pada ban maka langkah selanjutnya adalah dengan
keringkan dan lap dengan lap chamois alias kanebo.

“Setelah ban kering, usap bagian dinding ban dengan semir ban kemudian baru ke seluruh bagiannya agar terlihat mengilap dan lebih bersih,”
tutur Wahyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *