Tips Agar Tidak Membuat Mesin Menjadi Rusak Saat Pencucian

Tips Agar Tidak Membuat Mesin Menjadi Rusak Saat Pencucian

Tips Agar Tidak Membuat Mesin Menjadi Rusak Saat Pencucian

Mccca.net – Dalam mencuci mobil biasanya pemilik mobil hanya bersihkan bagian luarnya saja yang membuat mesin sering terlewat dari perhatian dan tidak ikut dibersihkan, dalam membersihkan mesin sama saja dengan bodi mobil hanya saja dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra agar tidak menimbulkan kerusakan pada bagian mesin.

Pada bagian dalam mesin terdapat bagian-bagian dari perangkat elektronik yang tidak boleh tersentuh air. Meski telah dilengkapi dengan sil karet agar tidak kemasukan air, namun nyatanya sil karet tersebut masih bisa lepas dan rusak terutama jika mesin telah lama kotor.

Berikut tips- tips agar tidak membuat mesin menjadi rusak dari Widodo, Team Leader dari CarSpa, Jakarta Selatan.

1. Melakukan persiapan sebelum mencuci mesin mobil

Pertama menjaga keadaan mesin mobil dalam kondisi hangat. Jika memang mesin mobil masih dingin, ada baiknya memanasinya terlebih dahulu.

“Mesin mobil yang hangat, dapat mempermudah pelepasan kerak pada mesin, sehingga acara bersih-bersih pun menjadi lebih mudah dilakukan,” ujar Dodo, sapaan akrabnya.

2. Menggunakan plastik untuk menutupi bagian mesin yang bersifat elektrik

Setelah mobil dipanaskan, ada baiknya menggunakan alumunium foil ataupun benda lain untuk menutupi perangkat elektrik pada mesin. Hal ini dilakukan supaya perangkat elektrik tersebut tidak kemasukan air, ketika proses pencucian tengah berlangsung.

3. Cara mencuci mesin mobil

Setelah proses di atas selesai dilakukan, selanjutnya bersiap dalam memulai pencucian mesin. Bagian pertama yang sebaiknya dibersihkan adalah pada kap mobil di bagian bawah. Gunakan air untuk melakukan penyemprotan dan sebaiknya hindari menggunakan air dengan tekanan tinggi.

Dalam membersihkan bagian bawah kap mobil, bisa menggunakan sabun colek, jenis sabun ini merupakan sabun yang dapat membuat lemak serta oli larut dan menghilang.

Jangan lupa gunakan juga sikat yang agak kasar untuk menggosok kotoran yang menempel. Lanjutkan dengan menyiram kap dengan air bersih. Hal penting yang harus perhatikan adalah tidak meninggalkan air sabun kering dengan sendirinya. Karena jika dilakukan, air sabun tersebut akan menimbulkan bekas pada mobil.

4. Cara membersihkan mesin mobil

Dalam membersihkan bagian mesin mobil bisa gunakan air bersih untuk menyiram bagian mesinnya dan Ingat untuk tidak menggunakan air bertekanan tinggi, karena dapat menimbulkan kerusakan pada mesin. Cukup gunakan slang air atau bisa pula memanfaatkan botol spray dalam menyemprot.

“Untuk membersihkan kotoran mobil yang menempel, anda bisa menggunakan spon atau kuas. Jika ada kerak oli, anda bisa melarutkannya dengan cairan khusus yang kini telah banyak di jual di pasaran,” ujarnya.

Berbeda saat membersihkan bagian mobil yang lain, membersihkan mesin harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian supaya tidak menimbulkan kerusakan mesin yang fatal seperti korsleting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *