Ini Fungi dan Arti Dari Marka Jalan Zig-zag

Ini Fungi dan Arti Dari Marka Jalan Zig-zag

Ini Fungi dan Arti Dari Marka Jalan Zig-zag

Mccca.net – Bukan hal yang tabu jika beberapa pengendara baik itu mobil atau motor masih saja ada yang belum mengatahui fungsi dan arti dari beberapa rambu, dan marka jalan.

Untuk rambu-rambu dasar mungkin pengendara sudah banyak yang tahu, namun apakah pengendara ada yang mengetahui arti atau fungsi dari marka jalan yang berbentuk zig-zag?

Marka jalan sendiri merupakan suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis tertentu dan salah satunya zig-zag.

Sedikt memberikan edukasi kepada para pengendara tentang fungsi dan arti marka jalan zig-zag ini melalui akun instagram Kementerian Perhubungan memberikan sebuah pengetahuan.

“Garis berbiku sebagai embargo parkir. Pada garis berbiku-biku (bergerigi) berwarna kuning, pengendara benar-benar dilarang parkir ataupun berhenti di atas garis tersebut,” tulis akun instagram Kementerian Perhubungan

Hal itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 34 Tahun 2014. Pasal 39 huruf b disebutkan bahwa di marka itu pengendara dilarang parkir atau berhenti.

“Marka larangan parkir atau berhenti di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 39 huruf b dinyatakan dengan garis berbiku-biku berwarna kuning,” isi Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No.34 Tahun 2014 pasal 43 ayat 1.

Jika melanggar, tentu sudah tau apa yang akan terjadi bukan? Petugas Dinas Perhubungan berhak menderek paksa mobil-mobil yang dianggap melanggar rambu larangan parkir dan pemiliknya wajib menebusnya dengan sejumlah denda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *