Kenali Gejala Berikut Guna Mencegah Lampu LED Kendaraan Mati

Mccca.net – Dengan majunya teknologi dan perkembangan banyak produsen otomotif yang sudah menerapkan jenis lampu LED pada produk mobil ataupun sepeda motor terbaru mereka di pasar.

Jika dibandingkan dengan kendaraan yang masih mengunakan HID Bohlam, kendaraan yang menggunakan lampu LED dikatakan lebih sedikit mengeluarkan daya dan memiliki penerangan lebih baik.

Kendati memeiliki kelebihan tersebut, bukan berarti jenis lampu LED tanpa masalah. Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada jenis lampu LED adalah masalah suhu.

Dalam mengatasi masalah suhu ini, produsen otomotif melngkapi pendingin pada lampu jenis LED. Namun, untuk bagian pendingin ini sangat susah untuk mengetahui apakah rusak atau masih berfungsi dengan baik.

Namun, beberapa cara bisa diperhatikan jika pendingin pada lampu LED ini rusak, salah satunya adalah nyala lampu. Jika pendingin LED mengalami masalah maka
cahaya yang dikeluarkan sedikit meredup atau warna yang berubah.

“Panas yang dihasilkan module pada bohlam LED akan memengaruhi performa penerangan. Cahaya LED bisa saja menjadi berkurang atau bahkan berubah warna,” jelas tenaga penjual Autovision.

Jika hal ini terjadi ada baiknya melakukan pencegahan dengan segera mengganti bohlam. Soalnya panas yang dihasilkan sudah mulai menjalar cukup dalam ke bagian penerangan. Dan apabila dibiarkan, LED bisa mati sepenuhnya kapan saja.

“Dampak paling parah adalah bohlam LED mati total karena panas intens dalam jangka waktu lama,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *