Perusahan China Hadirkan Kloningan Kawasaki Vulcan S

Mccca.net – Salah satu produk Kawasaki yaitu Kawasaki Vulcan S dikabarkan mendapatkan saudara kembar yang berasal dari China. Perusahan lokal China yaitu Ji Ming telah menghadirkan kloningan Vulcan S yang diberi nama JM500.

Munculnya JM500 tentu menambah daftar kendaraan yang di kloning oleh pabrikan asal Cina. Pabrikan China memang pandai dalam menciplak kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun motor.

Dengan desain dan bodi yang mirip, baik Kawasaki Vulcan S ataupun JM500 memiliki kelas yang sama yaitu cruiser. Tipe penompang bodi keduanya juga sama, selain itu konfigurasi suspensi belakang offset mono-shock khas Kawasaki juga ditiru. Menariknya lagi, tampilan headlamp, knalpot, speedometer, dan jok, serta velg pun serupa.

Perbedaan dari keduanya hanya terletak pada swing-arm belakang, jika pada JM500 swing-arm belakang masih konvensional sedangkan untuk Kawasaki Vulcan S telah dibekali stabilizer.

Kendati disebut jiplakan akan tetapi spek dari JM500 bukan main-main, dimana pada bagian Kaki-kaki depan dan belakang motor ini berukuran 130-70 R18 dan 160/60 R17 lebih besar dari Kawasaki Vulcan S. Bahkan, koplingnya telah menggunakan sistem hidrolik layaknya moge sport. Headlamp JM500 juga sudah projector dan dilengkapi LED-DRL.

Untuk mesin yang dibawanya JM500 mengusung mesin 2-silinder inline 458cc berpendingin cairan yang hanya menghasilkan tenaga sebesar 35,5 dk dan torsi 35 Nm. Angka tersebut masih jauh di bawah Kawasaki Vulcan S yang berkubikasi 649cc dengan power 60 dk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *